Cara Merawat Ikan Koi Cantik

Hal yang diidam-idamkan penghobi ikan koi adalah, dimana ikan yang mereka pelihara bisa tumbuh menjadi ikan koi cantik. Sehingga ikan yang mereka miliki bisa menang, ketika dibawa ke kontes ikan yang sering dilakukan di berbagai kota. Untuk anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara merawat ikan agar tumbuh cantik, berikut ini cara yang bisa anda lakukan yang sudah berhasil dirangkum.

  1. Memperhatikan kolam ikan

Hal yang menentukan baik tidaknya tumbuh ikan adalah kolamnya, dimana kolam ikan yang baik memiliki kualitas sebagai berikut:

  • Suhu air berkisar 24 hingga 26 derajat celcius
  • pH 7,2 hingga 7,4 (sedikit basa)
  • Oksigen minimal 3 hingga 5 ppm
  • CO2 max 10 ppm
  • Nitrit max 0,2
  1. Jangan membeli ikan di pasar, karena ikan tersebut bisa jadi belum dikarantina. Biasanya ikan yang berada di pasar ikan merupakan ikan yang baru datang dari perjalan jauh, sehingga tingkat stres sangat tinggi. Anda bisa membeli ikan ke peternak ikan, salah satu peternak ikan koi ini menjual ikannya melalui jualikankoi.co.id.
  2. Memilih ikan koi yang memiliki tubuh yang sehat, cirinya anda bisa perhatikan di bagian insangnya. Apabila anda melihat insang koi membiru, maka koi tersebut bisa jadi terserang penyakit. Bila ikan koi terlihat terburu-buru dan nafasnya tidak beraturan, anda bisa memastikan bahwa ikan tersebut dalam kondisi stres.
  3. Jangan meletakkan koi dalam jumlah banyak di dalam satu kolam, nantinya koi-koi itu akan mengalami pertumbuhan yang lambat.
  4. Berikanlah pakan khusus untuk koi kesayangan anda, atur juga pemberian pakan sehingga tidak berlebihan maupun terlalu sedikit. Anda bisa memilih pakan ikan seperti san koi, ataupun beberapa merek lain yang dibuat khusus untuk ikan koi.

Itulah cara merawat dan mengetahui bibit ikan yang berkualitas, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk menemukan cara terbaik dalam memelihara ikan dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan trimakasih karena sudah membaca artikel ini hingga tuntas.